Monday, November 20, 2017

Tips Budidaya Udang Vaneme Secara Semi Intensif Memakai Pupuk Organik Yatop Di

Cara Budidaya Udang Vaneme Secara Tradisional Memakai Pupuk Yatop


1. Bagaimana merawat udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu nomor satu, pertama yang harus di sterilkan yakni Air terlebih dahulu. Tebarkan Pupuk sebanyak 3 Liter/hektar ke area tambak dengan dicampur air, usahakan penaburan dengan rata. Tujuannya agar air netral, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton tumbuh secara cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat sekali berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang betah dan nyaman saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan tumbuh dengan cepat.


Lakukan setiap 1 minggu sekali di tabur yatop sebanyak 1 liter/hektar bertujuan untuk tetap menjaga ekosistem di area tambak, menjaga kesehatan udang lebih aktif, lincah dan jatah makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar ditiap 1 minggu sekali merupakan hal yang wajib, karena untuk mengatisipasi situasi kondisi alam ekstrem yang berubah-ubah. Kebutuhan pupuk yatop untuk 1 hektar adalah 15 liter hingga bisa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang tumbuh subur ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang sehat moultingnya cepat namun kalau udang susah moulting pasti ada hal yang kurang di area tambak. Penyebabnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani enggan untuk mengeceknya. Kebanyakan Petani kita ingin instan. Faktor udang tidak moulting dikarenakan kondisi kulit udang yang mengeras. Solusinya adalah dengan menaburkan yatop 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu perih jika terkena luka, rasa perihnya itu dalam waktu sekian detik atau menit, apabila terkena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat ganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa ditolong ?



Udang bisa stress karena banyak faktor, misalkan adalah kondisi di dasar tambak tidak seimbang, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang mengandung banyak sekali protein tinggi. Cirinya yakni jika tutup botol sedikit di buka lalu ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke atas berwarna putih. Jika udang stress/teller dan sering naik ke atas maka solusinya dengan cara taburkan Yatop sebanyak 3 liter/hektar lalu tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun juga maka tebarkan kembali pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tebar maka semakin cepat udang akan turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka lakukan penaburan pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 minggu sekali. Jangan lewat satu pekan dikarenakan akan menyebabkan udang stress lagi.


4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih dapat diperbaiki, caranya adalah harus dikembalikan ke alam. Pakai kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang berguna untuk tanah dan bisa bertahan selama 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama 5 menit. Setelah 1 minggu taburkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan sampai 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Keunggulan Pupuk Yatop Buat Udang Vanamei

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Indonesia. Kelebihannya adalah sebagai berikut :


1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh yatop dalam kurun waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang terasa asin berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke bawah. Lama-lama air tersebut berasa seperti manis jambu air.


2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang tercemar oleh limbah pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam 3 hari akan berubah warnanya. Makanya kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke dalam tambak alangkah baiknya ditabur yatop dulu jika sudah 3 hari barulah masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini telah dibuktikan dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan cepat.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan bagi bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Subur

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus sebagai sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya bisa disembuhkan dalam waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka hasilnya udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.


7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di tabur Yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang itu hidupnya tidak akan bertahan, besok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Yatop 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang telah menggunakan pupuk Yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang akan cerah, daging lebih kenyal, dan rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

Author Profile

About Vivi Rahimah

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Tips Budidaya Udang Vaneme Secara Semi Intensif Memakai Pupuk Organik Yatop Di

Post a Comment

Back To Top